Minggu, 17 Desember 2017

perintah-perintah dalam fastboot mode

Pada perangkat android tidak hanya ada Recovery Mode, Download Mode, tetapi terdapat juga Fastboot Mode. Akan tetapi tidak semua perangkat android memiliki fitur fastboot mode.

pertanyaannya : “Apakah Fastboot Mode itu ?”. dari beberapa artikel yang pernah saya baca mengenai definisi fastboot mode dan saya rangkum dan mencoba memaparkannya dengan bahasa yang mudah kita pahami agar bertambah pengetahuan kita mengenai perangkat android.

Fastboot Mode pada fitur android adalah :sebuah tool atau pun aplikasi tertentu yang terdapat pada sebuah system android yang berfungsi untuk mengenali atau membaca sebuah ID Device/perangkat baik yang dapat dihubungkan melalui kabel USB dengan komputer/laptop maupun berjalan pada perangkat itu sendiri dengan memasukan sebuah perintah-perintah pada layar hitam(CMD maupun terminal pada android)yang dapat digunakan untuk mem-flash ulang partisi pada perangkat android, melakukan recovery, maupun instalasi dan melakukan pembaharuan(upgrade)firmware.

Secara fungsi, fastboot mode hampir sama dengan recovery mode, hanya saja fastboot mode ini dapat bekerja lebih cepat sebelum Os android itu booting atau start awal dan dapat juga memperbaharui firmware dengan cepat sekalipun tidak ada Os android yang berjalan maupun terpasang, fastboot mode tetap akan melakukan pekerjaannya asalkan system device/perangkat android kita masih terdeteksi atau dikenali pada fastboot mode (android tidak mati total atau rusak MMC Flash).

Fastboot mode merupakan bagian dari tool SDK (Software Developer Kit)dan dapat dijalankan melalui kabel USB yang telah terpasang antara perangkat android dengan pc/laptop. Dengan catatan pc/laptop harus sudah terpasang driver atau android interface (ADB dan SDK) untuk perangkat android tersebut yang nantinya akan menampilkan ADB Devices, dimana “Adb” ini singkatan dari “Android Debug Bridge” yang merupakan sebuah alat/media komunikasi atau protokol yang menghubungkan antara perangkat android dengan pc/laptop untuk menandakan bahwa perangkat android sudah terkoneksi dan terdeteksi.
perintah-perintah dalam fastboot mode:




fasboot Devices ->untuk melakukan pengecekan koneksi antara perangkat android dengan pc/laptop, terhubung atau tidaknya.
fasboot reboot-bootloader ->untuk melakukan reboot pada bootloader perangkat android.
fastboot flash recovery recovery.img ->untuk melakukan recovery.
fastboot flash boot nama_boot.img ->untuk flashing kernel atau custom rom
fastboot flash data data.img ->untuk menghapus data

fastboot flash cache cache.img ->untuk menghapus cache

fastboot reboot ->untuk memulai ulang perangkat android

fastboot reboot-bootloader ->untuk memulai ulang ke mode fastboot

fastboot reboot recovery ->untuk memulai ulang ke recovery

fastboot format system ->untuk wipe/format system

fastboot format data ->untuk wipe/format data

fastboot format cache ->untuk wipe/format cache

fastboot oem device-info ->untuk memeriksa status bootloader

fastboot oem unlock ->untuk membuka kunci(unlock)bootloader

fastboot oem lock ->untuk mengunci(lock)bootloader

fastboot unlock-info ->untuk memeriksa status

Mungkin itu saja perintah fastboot yang saya tulis biar sedikit asal bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar